MAKALAH STRATEGI PEMASARAN
“Meriyu Parfume Laundry”
PENDAHULUAN“Meriyu Parfume Laundry”
I. LATAR BELAKANG
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing concept).
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.”. Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
- Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
- Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
- Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut pandang penjual :
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Parfume laudry merupakan produk kimia yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari saat mencuci pakaian atau memberikan harum di pakaian. Pembuatan parfume laudry telah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu. Metode pembuatan parfume pakaian pada zaman dahulu tidak berbeda jauh dengan metode yang digunakan saat ini, walaupun tentunya kualitas produk yang dihasilkan saat ini jauh lebih baik.
Gaya hidup masyarakat masa kini dengan mobilitas dan kesibukan yang tinggi membuat kesadaran akan kesehatan diri semakin berkurang. Berpakaian yang berhubungan erat dengan kesehatan tubuh menjadi kurang diperhatikan. Padahal pakaian dapat memberikan sensasi kehangatan dan kenyamanan tubuh kita saat kita beraktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab lain adalah beraktivitas atau bepergian yang terlalu lama atau berlebih membuat tubuh kita berasa tidak nyaman dalam berpakaian.
I. Tujuan
• Membuat pakaian menjadi harum tahan lama
• Memberikan kenyamanan pada saat berpakaian
• Meningkatkan pelayanan karena pelayanan sangat penting dan diharapkan oleh konsumen
• Menciptakan Inovasi baru
• Memberikan kepuasaan kepada konsumen/pelanggan
• Membunuh bakteri/ virus di pakaian
• Menjadikan pakaian lebih lembut dan halus
II. Rumusan Masalah
Mengenalkan kepada masyarakat produk terbaru parfume laudry yang berguna bagi kesehatan tubuh dan dan membunuh bakteri kuman dipakaian.
Serta memberitahu manfaat dan kelebihan yang terkandung dalam Meriyu Parfume Laundry.
BAB II Bahan dan Fungsi Cara membuat parfum laundry adalah sangat sederhana tapi harus tetap memperhatikan beberapa hal, misalnya jumlah kadar maksimal air yang boleh dicampurkan ke dalam parfum, karena jika melebihi ambang batas toleransi maka pakaian laundry bukannya menjadi wangi tetapi malah akan berbau apek. Simak dengan cermat kata-kata yang sudah kami susun. , agar anda mengerti apa yang kita susun.
Pertama, menyiapkan bahan baku untuk membuat parfum laundry (untuk 10 liter larutan) :
- Bibit parfum 100 – 300 ml,
- Methanol Murni kadar 100% (minimal 99,85%) ±9500 ml,
- Aquades (Demineralized Water) 300 – 500 ml,
- bisa diganti dengan air isi ulang / air RO / AQUA dll,
- Pewarna makanan secukupnya,
- Fixamax 50 – 250 ml
Kedua, mencampurkan sebagian besar Methanol murni dengan Air murni (Aquades), kemudian masukkan Fixamax, aduk hingga benar-benar tercampur sempurna, masukkan bibit parfum, aduk lagi sampai rata, masukkan methanol murni kedalam larutan sampai volumenya mencapai 10 liter, terakhir masukkan pewarna makanan secukupnya, pewarna ini hanya berfungsi sebagai pembeda saja antara jenis aroma yang satu dengan yang yang lain, jadi tidak ada korelasinya dengan kualitas pewangi laundry, untuk itu disarankan menggunakan sedikit saja karena jika terlalu banyak justru bisa membuat pakaian menjadi bernoda (noda warna). Parfum laundry harus menggunakan air, padahal banyak produsen laundry yang mengaku kalau parfum laundry yang mereka produksi tidak menggunakan air bahkan mengklaim parfum laundry mereka tanpa air sama sekali sehingga bebas dari bau apek ?
Kalau anda mengerti dengan reaksi kimia pada methanol, tentu Anda akan membantah klaim produsen laundry yang mengatakan bahwa parfum laundry yang mereka produksi tanpa kandungan air sama sekali, untuk itu perhatikan susunan kami di bawah ini.
2 CH3OH + 3 O2 ? 2 CO2 + 4 H2O Dari reaksi kimia ini bisa dijelaskan bahwa methanol (rumus kimia = CH3OH) yang terpapar dengan udara dan bereaksi dengan oksigen (rumus kimia = O2) akan menghasilkan karbon dioksida (rumus kimia = CO2) dan air (rumus kimia = H2O), maka dari itu kadar methanol tidak ada yang benar-benar murni 100%.
Air berfungsi sebagai pelembab parfum dan memperlambat penguapan parfum laundry sehingga pakaian lebih lama menyerap aroma parfum, tapi pencampuran air yang berlebihan apalagi dengan menggunakan air biasa akan membuat pakaian menjadi apek dan berjamur, dengan menggunakan air murni dan ambang batas tertentu, maka parfum laundry yang diaplikasikan ke pakaian laundry tidak akan menyebabkan jamur dan bau apek.
Jamur dan bau apek yang timbul pada pakaian laundry sebenarnya tidak selalu disebabkan oleh adanya campuran air pada parfum laundry, buruknya kualitas bibit parfum, pemilihan fixative yang keliru, methanol dengan kualitas buruk juga memiliki kontribusi terhadap bau apek yang ditimbulkan, untuk itu pilihlah bahan baku yang benar-benar baik.
BAB III
PEMBAHASAN
I. Produk
Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer dari manusia, karena bisa melindungi dan menutupi diri kita dari sinar matahari, cuaca dingin, menutup aurat, dan lain-lain. Oleh karena itu kita juga harus benar-benar memperhatikan akan hal ini terutama dalam hal kebersihannya.
Dengan berpakaian kita akan jauh merasa lebih nyaman, terlihat lebih sopan, bahkan dalam perkembangannya pakaian menjadi gambaran dari citra diri seseorang, status, simbol dan lain-lain. Contohnya anak sekolah yang menggunakan pakaian tertentu atau seragam sehingga bisa menggambarkannya sebagai seorang siswa pelajar, contoh lainnya seseorang yang mengenakan jas kemungkinan menggambarkan seorang pejabat atau orang penting.
Selain kebersihan pada umumnya masyarakat sekarang juga memperhitungkan faktor lain yaitu keharuman dari pakaian yang membuat kita lebih percaya diri dan lebih nyaman. Pengharum atau pewangi pakaian juga mudah kita dapatkan karena banyak tersedia dipasaran dengan berbagai merk dan harga yang ditawarkan.
Berikut ini adalah manfaat dalam penggunaan Meriyu parfume laundry:
• Membuat pakaian menjadi harum tahan lama
• Memberikan kenyamanan pada saat berpakaian
• Membunuh bakteri/ virus di pakaian
• Menjadikan pakaian lebih lembut dan halus
Berikut ini adalah kelebihan dalam penggunaan Meriyu parfume laundry:
1. Lebih ramah di pakaian
2. Memberikan efek rasa nyaman di tubuh
3. Efek parfum pemberi ketenangan dan kesenangan
4. Meningkatkan percaya diri
II. Place
Pemilihan lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari sebuah usaha. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika lokasi usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan terlalu bagus.
Menurut Hurriyati (2005), pemilihan tempat atau lokasi memerlukan pertimbangan yang tepat terhadap beberapa faktor, yaitu:
a. Akses, misalnya lokasi yang mudah dijangkau sarana transportasi umum,
b. Visibilitas, misalnya lokasi yang dapat dilihat dengan jelas dari tepi jalan,
c. Lalu lintas (traffic), di mana ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yaitu banyaknya orang yang lalu lalang dapat
memberikan peluang besar terjadinya impulse buying dan kepadatan dan kemacetan lalu lintas dapat pula menjadi hambatan,
d. Tempat parkir yang luas dan aman,
e. Ekspansi, tersedia tempat yang cukup untuk perluasan usaha di kemudian hari,
f. Lingkungan, yaitu daerah sekitar yang mendukung jasa yang ditawarkan,
g. Persaingan, yaitu lokasi pesaing,
h. Peraturan pemerintah.
Meriyu Parfume Laundry kini bisa dijumpai di toko-toko terdekat anda dan dapat diperoleh sensasinya di laundry terdekat
III. Price
Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price, place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.
Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh organisasi perusahaan.
Tujuan Penetapan Harga
1. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya
Dengan menetapkan harga yang kompetitif maka perusahaan akan mendulang untung yang optimal.
2. Mempertahankan perusahaan
Dari marjin keuntungan yang didapat perusahaan akan digunakan untuk biaya operasional perusahaan. Contoh : untuk gaji/upah karyawan, untuk bayar tagihan listrik, tagihan air bawah tanah, pembelian bahan baku, biaya transportasi, dan lain sebagainya.
3. Menggapai ROI (Return on Investment)
Perusahaan pasti menginginkan balik modal dari investasi yang ditanam pada perusahaan sehingga penetapan harga yang tepat akan mempercepat tercapainya modal kembali / roi.
4. Menguasai Pangsa Pasar
Dengan menetapkan harga rendah dibandingkan produk pesaing, dapat mengalihkan perhatian konsumen dari produk kompetitor yang ada di pasaran.
5. Mempertahankan status quo
Ketika perusahaan memiliki pasar tersendiri, maka perlu adanya pengaturan harga yang tepat agar dapat tetap mempertahankan pangsa pasar yang ada.
Harga Meriyu Parfume Laundry adalah Rp 16.000,00 dengan harga murah dan kualitas terjamin, bersih, nyaman ditubuh, dan tahan lama.
IV. Promotion
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
Tujuan Promosi :
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Promotional Mix / Bauran Promosi
Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang. Meriyu Parfume Laundry melakukan promosinya dengan cara sebagai berikut :
1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.
BAB IV
PENUTUP
I. KESIMPULAN
Meriyu Parfume Laundry adalah pewangi pakaian yang mampu membunuh bakteri dan kuman yang menempel di pakaian dan memberikan sensasi kenyamanan pada saat berpakaian. Meriyu parfume laundry memberikan aroma wangi yang tahan lama ketika kita berkeringat saat beraktivitas seharian.
II. SARAN
Meriyu Parfume Laundry memiliki kekurangan yaitu kurangnya varian rasa wangi dan kemasan hanya tersedia ukuran 500ml sehingga agak sulit jika di bawa berpergian.
DAFTAR PUSTAKA
- http://bibitparfumlaundry.com/blog/delapan-kelebihan-bibit-parfum-laundry-dengan-parfum-konvensional
- http://www.andripurnama.com/index.php/manajamen-pemasaran/21-tempat-place
- http://www.organisasi.org/1970/01/definisi-pengertian-harga-tujuan-metode-pendekatan-penetapan-harga-manajemen-pemasaran.html
- http://www.organisasi.org/1970/01/definisi-pengertian-promosi-fungsi-tujuan-bauran-promosi-promotional-mix-produk.html ti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar